Senin, 07 Mei 2018

Tutorial Menghosting Website 100000% gratis !!

Assalamualaikum wr. wb.

Pertama-tama mari kita ketahui dulu apa sih itu Hosting ?

Hosting adalah layanan berbasis internet sebagai tempat penyimpanan data atau tempat menjalankan aplikasi ditempat terpusat yang disebut dengan server dan dapat diakses melalui jaringan internet. Jenis penggunaannya bermacam-macam berdasarkan kebutuhan, mulai dari hosting untuk: Web (untuk penyimpanan dan aplikasi website melalui port http), Email (untuk pusat data email), FTP (untuk file transfer) sampai VPN.

Nah disini saya akan menuliskan cara untuk menghosting website yang telah kalian buat sebelumnya di localhost ataupun virtual host dan tentunya tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis !!

Yang kita butuhkan untuk menghosting sebuah website itu adalah :
- Hosting/Server
- Domain  

Yuk langsung aja kita kebagian terpentingnya.

1. Membuat Hosting

Pertama yang kita lakukan yaitu membuat hostingnya.
Silahkan kunjungi 000webhost untuk mendapatkan hosting gratisnya.

Jika sudah kalian buka, maka tampilannya akan seperti ini. klik pada bagian yang saya lingkari merah.


Jika sudah kalian klik, maka tampilannya akan seperti ini dan langsung saja kalian isi field seperti pada gambar dibawah.
Langsung klik "get free hosting" dan akan muncul pop up. klik saja "i want to learn". dan kalian akan melihat tampilan seperti ini.
Silahkan buka email kalian, dan klik verifikasi email. maka kalian akan di alihkan ke tab baru. dan tampilannya akan seperti ini.
Klik set web address, maka akan muncul pop up lagi dan klik saja tulisan kecil "It's OK, I don't mind 000webhost branding". Jika sudah, scroll kebawah dan kalian akan melihat tampilan seperti ini. yang saya garis bawahi itulah domain kalian.

Sampai disini sebenarnya kalian sudah bisa menggunakannya untuk menghostingkan website kalian. Namun jika dilihat-lihat, domain disini terlalu panjang kurang enak dilihat. Yuk kita masuk ke tahap selanjutnya bagaimana cara nya mendapatkan domain keren namun gratis. Oh iya, pada tahap set web address diatas kalian biarkan dulu saja, jangan kalian close.

2. Mendapatkan Domain
  
Pertama, buka tab baru dan kalian akses dulu website freenom untuk mendapatkan domain gratisnya.
Jika sudah, tampilannya akan seperti di atas. langsung saja kalian ketik nama domain kalian dan klik "cek availability" seperti pada gambar.

Maka akan muncul daftar domain gratis yang tersedia seperti diatas, berhubung saya sudah pernah membuat domain ripanfauzi.ml maka di situ tidak tersedia lagi. Kali ini saya akan mencoba membuat domain ripanfauzi.cf. Kalian klik saja "Get it now!" pada bagian kanan domain yang akan kalian buat dan langsung klik checkout.
Kalian akan masuk pada tampilan seperti ini, klik pada bagian yang saya tandai.
Pada bagian use dns, nanti akan muncul dua panel dibawahnya. kalian pilih "Use your own DNS" dan isikan nameserver nya seperti gambar dibawah, lalu pilih periode kalian menjadi 12 month. Klik saja continue.
Jika sudah, tampilannya akan seperti ini. kalian isi saja email kalian dan langsung veirifikasi.
Jika email kalian sudah di verifikasi, tampilannya akan seperti ini. Isikan semua field yang ada dan jangan lupa centang persetujuan pendaftaran dan klik "complete order".
klik next saja. dan kalian telah menyelesaikan tahap pembuatan domain gratis.

Balik lagi ke tahap set web address, dan mari kita custom web address yang tadinya terlalu panjang dan tidak enak dilihat itu menjadi domain yang baru kalian buat tadi.


Klik "add domain", dan akan muncul pop-up. Pilih pada bagian radio button "Park Domain" dan klik next. seperti pada gambar dibawah ini.
Kemudian akan tampil seperti di bawah ini, isi sesuai domain yang kalian buat tadi. klik park domain.
Lalu kalian akan kembali ke halaman ini, kalian klik manage/kelola, dan pilih link website/hubungkan website.

Nah pada tahap ini, web address kalian sudah berhasil di custom.
Coba ketikkan web kalian tadi di browser. tampilannya akan seperti ini.

Tampilannya seperti itu karena script kita belum di upload.
Cara upload script kalian cukup mudah, tinggal scroll keatas pada tampilan my domains tadi, pilih file manager. Jika sudah, kalian scroll kebawah dan pilih "upload files now".

Disini kita akan dibawa ke tab baru dan tampilannya akan seperti ini.
Klik pada bagian yang saya arahkan tersebut untuk mengupload file. dan disini saya mengupload file index, CSS dan beberapa file gambar pendukung yang telah saya buat sebelumnya di localhost.

Kira-kira seperti itu, kita coba akses www.ripanfauzi.cf.
Dan taraaaa, sudah jadi :)




Saya kira cukup sekian dulu tutorial yang "terlalu singkat" ini :D Semoga bermanfaat bagi teman-teman. Mohon maaf jika masih ada kekurangan dalam segi penulisan.
Terimakasih.
Wassalamualaikum wr. wb.




Latest
Next Post

0 Comments: